klik iklan di bawah ini agar blog ini selalu update

[Review] Rail Wars! Anime Kereta Yang Bukan Tentang Kereta

Selasa, 21 Oktober 2014

Mungkin tidak terlalu banyak yang tahan menonton anime ini, atau memang banyak teman-teman saya yang memang tidak tahan terus menonton anime ini dan berhenti di tengah jalan. Namun rasa penasaran akan anime ini kerap membuat saya bertahan dengan segala kekurangan yang ada.
Berikut adalah sinopsis yang diterjemahkan, diambil dari situs myanimelist:
Sebuah cerita mengenai “surga rel kereta” yang diceritakan di dunia paralel dimana jalur kereta nasional Jepang tidak dimonopoli. Naohito Takayama adalah seorang siswa SMA biasa yang memiliki mimpi masa depan nyaman sebagai pekerja perusahaan terkenal Japanese National Railways. Dia mendaftar sebagai trainee di Railways Security Force yang penuh dengan orang aneh seperti Sakurai, pembawa masalah pembenci pria. Selain itu, ada juga grup ekstremis “RJ” yang memiliki rencana untuk memonopoli Japanese National Railways.
Saya merasakan adanya sedikit ketidak sesuaian antara sinopsis yang ditulis di situs tersebut dengan anime yang saya tonton. Karena saya tidak pernah melihat adanya sebuah grup ekstremis yang dinamakan “RJ” memiliki rencana memonopoli JNR. Selain itu, Sakurai bukanlah seorang pembawa masalah, dan pastinya dia juga bukan orang yang aneh. Mungkin hal tersebut bisa kamu baca lewat light novelnya.
Sebelum masuk ke dalam reviewnya, mungkin lebih baik saya jabarkan dulu poin-poin menarik dari anime ini.
  • Desain karakter yang bagus dan menarik, walau saya tidak bisa mengatakan hal yang sama mengenai desain kaum adamnya.
  • Latar belakangnya tergambar dengan detil dan diwarnai dengan sangat baik.
  • Anime ini tidak pelit saat menggambarkan kereta dan menjelaskan perbedaan, serta spesifikasi masing-masing kereta dengan baik.

Jalan cerita yang tidak sejelas rel kereta

Ringkasan plot Rail Wars!?
Rail Wars! adalah anime dengan rangkaian cerita pendek yang sering kali tidak berkaitan antara satu cerita dengan cerita yang lain. Karena itu saya rasa tidak ada plot yang berarti yang bisa kamu nikmati dalam anime ini. Kecuali arc-arc kecil yang hanya berjumlah 2 sampai 3 episode tersebut menurutmu sangat menarik. Cerita yang ditawarkan pun kesemuanya memiliki pola yang seragam:
Pengenalan kereta baru – Masalah – Damsel in distress – Takayama dihajar penjahat – Sakurai menghajar penjahat – Takayama mendapat harem baru
Hampir semua episode mengikuti pola skenario di atas, bahkan pada arc yang bersambung pun tetap seperti itu. Pada umumnya, Sakurai dan Iwaizumi berperan sebagai penakluk penjahatnya. Haruka adalah otak yang melakukan semua perencanaan dan perhitungan di grup. Takayama adalah manusia yang selalu panik sendiri. Takayama sebenarnya ingin menjadi seorang masinis, namun sampai akhir, impiannya entah terjawab atau tergantung, siapa yang tahu.

Kalaupun ada plot yang dimiliki oleh anime ini, pastinya itu adalah ‘plot’ ketimbang plot.

Perkembangan karakter yang minim atau malah tidak ada

Imbas tidak tersedianya cerita yang memadai artinya tidak ada pengembangan karakter yang signifikan. Rail Wars! sangat ingin menunjukkan adanya perkembangan karakter Takayama, sehingga dia bisa berevolusi dari lelaki beta menjadi lelaki alpha.
Sakurai sedang berusaha mengirimkan ‘kode’ kepada si kepala batu
Sampai menceritakan pelatihannya dengan Sakurai yang intensif namun tidak efektif, karena sampai akhir Takayama masih seperti sayur. Selalu Sakurai yangmembekuk penjahatnya, tak pernah sekalipun saya melihat Takayama berusaha memakai hasil latihannya untuk melawan (kecuali pada saat dia mengingat kata-kata Sakurai kalau lelaki harus kuat ), bahkan saat sebuah taser gun diarahkan kepadanya.
Mungkin sebenarnya Takayama itu masochist.
Bila ada perkembangan karakter di Rail Wars! mungkin adalah perkembangan perasaan karakter terhadap Takayama. Semua karakter wanita sepertinya selalu terpikat pada Takayama, tanpa terkecuali. Iwaizumi, sang pemeran pria pembantu malah sama sekali tidak berkembang, sampai akhir dia adalah seorang powerhouse yang tidak tertarik dengan wanita, dan hanya eksis sebagai comic relief yang hanya cinta makanan.
Bahkan saat Sakurai ada di sebelahnya, dia lebih mementingkan hubungan dengan makanan daripada antar manusia.

Budget lari kemana?

Saat menonton Rail Wars!, mungkin kamu akan menemukan beberapa kejanggalan yang sering muncul di tempat yang tidak diduga. Mulai dari gerakan mulut yang terkadang tidak sesuai dengan penyuaraan karakter, kualitas animasi yang tiba-tiba menurun sampai yang paling parah, animatornya lupa menggambar. Hal ini menimbulkan pertanyaan, kemanakah aliran budget anime ini mengalir?
Menempel kertas putih di dinding? Wow, informatif sekali
 “Quality” faces Jawaban dari pertanyaan tersebut tidak terlalu jauh, budget anime ini mengalir ke dua hal. Yang pertama, pastinya ke CG kereta dan stasiunnya, karena semelencengnya Rail Wars!, mereka tetap harus bertanggung jawab atas nama animeny
Budget! Yang kedua, tentu saja budget Rail Wars! mengalir ke segala macam fanservice yang ditawarkan dalam anime ini. Kamu akan menemukan kualitas yang tiba-tiba mendetil saat karakter wanitanya sedang dalam keadaan kekurangan benang, namun menemukan kualitas yang turun saat mereka berbicara. Sepertinya memang tujuan anime ini lebih kepada menunjukkan kepiawaian mereka dalam mengilustrasikan anatomi tubuh wanita.

Budget juga mengalir kepada wajah para korban tendangan Shining Wizard Sakurai, sungguh luar biasa memuaskan, detilnya.

Kesimpulan

Rail Wars! pada awalnya saya duga sebagai anime yang sangat niche, anime ini mungkin ditujukan kepada densha otaku dan bukan untuk konsumsi otaku normal. Namun penghiasan fanservice dalam anime ini mengubah persepsi saya tentang anime ini. Rail Wars! dengan cepat menjadi anime yang menarik para penontonnya, terutama para kaum Adam. Bahkan saya tidak yakin kalau para densha otaku menganggap anime ini serius, karena porsi antara kereta, fanservice dan Takayama panik sepertinya sama saja, bahkan seringnya, porsi keretanya kalah.

Lalu kenapa saya menonton Rail Wars!? Jujur, saya menontonnya memang untuk Sakurai dan kawan-kawan, karena terlepas dari ceritanya yang buyar ke segala arah dan tidak adanya perkembangan karakter yang berarti, saya pikir tidak ada daya tarik lain yang membuat saya tetap menunggu anime ini di setiap minggu.
Bila kamu mencari anime dengan cerita kereta yang serius, saya tidak akan merekomendasikan Rail Wars! Tapi kalau kamu tertarik dengan desain karakter mereka, kenapa tidak? Hanya saja saya akan berdoa supaya kamu tahan dengan tingkah Takayama.
 

Recent Post